Pupuk TOP G2

Pupuk organik cair Top G2 adalah pupuk organik cair berkualitas tinggi, dibuat dari bahan organik pilihan (hewan dan tanaman) bukan berasal dari sampah / limbah, sehingga tidak mengandung racun atau mikroba yang berbahaya bagi kesehatan, serta ramah lingkungan. Diproduksi berdasarkan formula bioteknologi dengan presisi tingkat tinggi melalui fermentasi dan enzimik. Top G2 mengandung hormon pengatur tumbuh zeatin, gibbrelin (Ga3) serta 14 bentuk mineral essensial (Hara makro/mikro lengkap) dan juga 17 bentuk asam amino, vitamin dan berbagai mikro flora. Top G2 cepat diserap tanaman, serta aktif merangsang dan membantu tanaman untuk meningkatkan penyerapan unsur-unsur hara.
Pupuk TOP G2
Kandungan dan nutrisi TOP G2 lebih unggul daripada kompos maupun pupuk kandang. Pupuk organik TOP G2 dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman dan juga sebagai makanan tambahan untuk ternak dan ikan.

PERANAN & FUNGSI PUPUK TOP G2

  • Mengembalikan ekosistem alami (bioramediator), meningkatkan aktivitas mikroba tanah menguntungkan (benificial microbes)
  • Meningkatkan ketersediaan hara
  • Merangsang pertumbuhan akar
  • Agen pengendali biologis (biocontrol agent)
  • Multiguna (dapat digunakan untuk pertanian, peternakan, dan perikanan)
  • Meningkatkan efisiensi usaha tani
  • Ramah lingkungan

DOSIS DAN TEKNIK PENGGUNAAN
Dosis standar untuk semua jenis tanaman :

  • 1 isi tutup botol ± 10 cc TOP G2 dilarutkan dengan 2 liter air
  • ½ isi tutup botol ± 5 cc TOP G2 dilarutkan dengan 1 liter air

Siramkan langsung ke daerah perakaran/tanah, pada waktu pagi atau sore hari di saat matahari tidak terik.

Pesan Pupuk TOP G2 sekarang juga dan dapatkan produk yang terjamin keasliannya hanya di www.gudanghwi.com, Official Distributor PT. HWI

Pesan produk HWI


DENGAN TOP G2 TANAH TETAP SUBUR DAN HASIL PANEN MENINGKAT

Sampai saat ini sebagian besar mata pencaharian penduduk Indonesia sebagai petani dan negara kita masih tergolong sebagai negara agraris, tapi seiring dengan berjalannya waku para petani kita jauh tertinggal dari negara-negara tetangga yang nota bene keadaan alam hampir sama dengan kita di Indonesia.

Para petani belum bisa sejahtera dan negara kita setiap tahunnya malah masih mengimpor bahan pangan dari negara tetangga.

APA YANG SALAH DENGAN KITA?

Sejak dicetuskannya REVOLUSI HIJAU pada Era ORDE BARU para petani dicekoki dengan pertanian modern yang serba kimiawi. Mulai dari pupuk-pupuk kimia, pestisida, insektisida, herbisida kimia yang semua itu untuk menunjang sarana produksi pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian kita.

Dengan teknologi ini para petani kita sudah merasa nyaman, aman dan mudah memelihara tanamannya dengan kimia-kimia, hanya dengan menaburkan pupuk kimia dan menyemprotkan pestisida walaupun kadang hama belum berjangkit, setelah pupuk kimia disebar tanaman akan bertumbuh subur terutama UREA yang membikin tanaman jadi hijau royo-royo, dalam pandangan mereka makin banyak pupuk kimia tanaman semakin subur, setiap musim tanam kadang bahkan mereka sulit untuk mendapatkan pupuk kimia sepeti UREA, SP-36 dan KCL akibat sebagian petani yang jor-joran menggunakan pupuk kimia. Sedangkan kita sama-sama tahu bahwa unsur hara yang dibutuhkan tanaman agar tumbuh subur dan menghasilkan panen yang seperti kita inginkan bukan hanya NPK (unsur hara makro primer), tapi juga butuh Cl, Mg, S ( unsur hara makro sekunder ), dan masih ada unsur mikro seperti B, Cu, Al, Fe, Mo,Kl,Zn ke semua unsur ini akan terangkut ketika kita panen.

Karena bercocok tanam adalah bagaimana kita mengambil unsur hara dari dalam tanah melalui akar tanaman. Tanaman akan memanfaatkan tanah, udara, air dan semua unsur di sekelilingnya untuk tumbuh dan berkembang , manusia mengambil manfaat dari hasil pertanian sepeti untuk kehidupannya.

Hasil panen ada berupa hasil generatif seperti biji-bijian, akar atau umbi ada juga berupa getah. Sedangkan petani hanya memberikan NPK, maka lama-kelamaan akibat penggerusan ini tanah menjadi asam, tandus, kurus tanah menjadi padat, tanah jadi sakit, makin banyak kita kasih pupuk bukannya tanaman makin subur, kadang tidak berkembang karena tanah asam pupuk akan terikat dalam koloid tanah tidak bisa diserap akar tanaman , tanaman menjadi sakit hama merajalela maka sering mengalami gagal panen daripada yang benar-benar panen maka petani masih banyak yang kehidupannya di bawah garis kemiskinan devisa negara tergerus untuk impor bahan pangan.

APA SOLUSINYA?

HWI, dengan produk fenomenal Pupuk organik cair TOP G2, pupuk organik yang sebenarnya terbuat dari bahan organik pilihan sepeti ikan laut, tumbuh-tumbuhan dan hewan yang diproses secara bioteknologi, sudah berbentuk ion dan kation tidak perlu proses lagi langsung bisa diserap akar tanaman.

TOP G2 bukan dari kotoran hewan, limbah pasar sehingga berkualitas tinggi aman bagi lingkungan dan hewan.
- TOP G2 sebagai pelengkap mengandung unsur hara Makro, Mikro, 14 bentuk mineral esensial.
- Sebagai pembenah tanah.
- Mengandung senyawa pengatur tumbuh alami Gibbrelin (GA3), Zeatin
- Mengandung 17 macam asam amino, asam organik, vitamin dll.
- Mobolisasi nutrisi merubah nutrisi solub menjadi insolub sehingga bisa di serap akar tanaman.

TOP G2 membantu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologisnya tanah, tanah akan di gemburkan, disuburkan dan dicukupi makanannya. Kalau tanah subur, gembur dan cukup makannya apapun yang kita tanam akan tumbuh menjadi subur dan akan menghasilkan panen seperti yang kita harapkan.

Cara aplikasi TOP G2
Larutkan 1 tutup botol TOP G2 dengan 2 liter lalu siramkan atau kocorkan ke tanah sekitar perakaran lakukan 10-15 hari sekali. Untuk tanaman tahunan 1 tutup botol dilarutkan dengan 1 liter air. Perhatikan faktor-faktor lain yang menunjang pertanian dan perkebunan seperti teknik menanam, kondisi tanah, iklim, ketersediaan air, kelengkapan pupuk dan lain sebagainya.
Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli atau penyuluh agro yang berpengalaman.

TANYA JAWAB

G2 untuk tanaman apa saja?
Bisa untuk semua jenis tanaman

Untuk tanaman padi, bagaimana cara aplikasinya?
Untuk 1 Ha padi sawah / 1 musim dibutuhkan TOP G2 8-12lt (16-24botol) dengan 4 tahap aplikasi:
aplikasi pertama: larutka 2-3 lt (4-6 botol) TOP G2 200-300 lt air, semprotkan ke lahan sawah yang sudah di bajak dan yang sudah diratakan 1 minggu sebelum tanam.
ke(2),10 hari setelah tanam 2-3 lt (4-6 botol) TOP G2, larutkan dengan 200-300 lt air disemprotkan ke tanah sekitar perakaran utk membantu tanaman cepat bertumbuh.
ke(3), 20 hari setelah tanam larutkan 2-3lt (4-6 botol ) TOP G2 dengan 200-300 lt air,disemprotkan ke tanah sekitar perakaran utk pembentukan anakan / rumpun.
ke(4) 30 hari setelah tanam 2-3 lt (4-6 botol ) TOP G2 larutkan dengan 200-300 lt air ,disemprotkan tetap ke tanah sekitar perakaran utk kebutuhan tanaman waktu pramordia.pupuk NPK masih dikasih seperti dosis biasa ,musim ke 2 pupuk kimia boleh mulai dikurangi bertahap mulai dari 10%,musim ke 3 dikurangi 20% atau sejauh mana kesuburan tanah sudah membaik,

Kalau untuk tanaman jagung gimana cara penggunaannya ?
Untuk 1 Ha tanaman jagung / musim di butuhkan 8-12 lt (16-24 botol) TOP G2:
Pertama-larutkan 2-3 lt ( 4-6 botol ) TOP G2 dengan 200-300 lt air semprotkan / dikocorkan ke tanah sekitar perakaran 7-10 hari setelah tumbuh.Ke-2 larutkan 2-3 lt TOP G2 dengan 200-300 lt air kocorkan /semprotkan ke tanah sekitar per akaran 20-25 hari setelah tanam.Ke-3 larutkan 2-3 lt TOP G2 dengan 200-300lt air kocorkan / disemprotkan ke tanah sektar perakran 30-35 hari setelah tanam.Ke-4 larutkan 2-3 lt TOP G2 dengan 200-300 lt air,semprotkan /kocorkan ke tanah sekitar perakaran 40-45 hari setelah tanam,pupuk kimia seperti NPK masih dipakai seperti dosis yang bisanya,TOP G2 jangan dicampur langsung dengan pupuk kimia, kasih jeda 2-3 hari .pada musim tanam ke-2 pupuk kimia boleh dikurangi mulai 10%,musim ke-3 kurangi 20% tergantung kondisi tanah yang mulai mengalami perbaikan kesuburannya

Top G2 apakah bisa untuk kebun Sawit?
Bagaimana cara penggunaannya?
Untuk tanaman tahunan atau perkebunan, seperti sawit, karena tanah dibawahnya kebanyakan keras sebaiknya digemburkan terlebih dahulu atau bikin lobang di sebelah kiri,kanan,muka dan belakang ( 4 mata penjuru angin) yang penting tanahnya di lukai supaya pupuk TOP G2 langsung merembes ke perakaran,tidak menyebar kemana2, larutkan TOP G2 1 tutup botol dengan 1 lt air,lalu dikocorkan ke lobang ,1lt perlobang (4 tutup botol dengan 4 lt air / batang) ,lakukan 2 kali sebulan selama 3 bulan pertama,dan 1 kali sebulan selama 3 bulan tahap 2, seterusnya 3-4 kali/ tahun,pupuk kimia( NPK )masih dipakai seperti dosis yg biasanya,tahun ke 2 baru bisa pupuk kimia dikurangi secara bertahap mulai dari 10 %, THN ke-3 , 20 %tergantung kondisi tanahnya,TOP G2 jangan dicampurkan langsung dgn pupuk kimia,di kasih jeda 2-3 hari

Untuk perkebunan itu aplikasinya membutuhkan berapa botol /Hektar?
Untuk tanaman kopi, karena tanah dibawahnya kebanyakan keras sebaiknya digemburkan Terlebih dahulu atau bikin lobang di kiri,kanan,muka dan belakang ( 4 mata penjuru angin) sekitar 75cm-1m dari batang, yang penting tanahnya di lukai supaya pupuk TOP G2 langsung merembes ke perakaran,tidak menyebar kemana2, larutkan TOP G2 1 tutup botol dengan 1 lt air,lalu dikocorkan ke lobang 1/2 lt perlobang (2tutup botol dengan 2 lt air / batang) ,lakukan 2 kali sebulan selama 3 bulan pertama,dan 1 kali sebulan selama 3 bulan ,dan kedepannya 3-4 sekitar tahun,pupuk kimia( NPK )masih dipakai seperti dosis yg biasanya, tahun ke 2 baru bisa pupuk kimia dikurangi secara bertahap mulai dari 10 %, THN ke-3 , 20 % tergantung kondisi tanahnya,TOP G 2 jangan dicampurkan langsung dengan pupuk kimia,di kasih jeda 2-3 hari.

Untuk perkebunan pisang apakah takarannya sama min, dan bagaimana dengan cara penggunaannya sendiri untuk perkebunan kopi dan perkebunan pisang?
Untuk pisang larutkan 1 tutup botol TOP G2 dengan 1 liter air lalu siramkan di sekitar rumpunan dan sebelumnya di buatkan dulu lobang agar cairan TOP G2 tidak meleber kemana-mana.

Bagaimana cara memupuk untuk sayuran atau buah? apa nunggu berbunga supaya tidak rontok?
untuk sayuran lakukan setiap 7-10 hari sekali, untuk tanaman tahunan 3-4 kali setahun, pupuk kimia masih di kasih seperti dosis yang biasanya, sedaangkan untuk tanaman cabe bisa dipupuk walau masih berbuah.

Apakah topG2 bisa untuk perikanan lele & ikan mas?
Tahap pemeliharaan; setiap pemberian pakan terlebih dahulu pakan direndam dengan larutan TOP G2 untuk membantu pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi pakan jangan sampai terbuang ke dasar kolam yang mengakibatkan dasar kolam cepat kotor dan bau bahkan mengakibatkan timbulnya parasit yang menyebabkan penyakit pada ikan. Larutan TOP G2 1 tutup botol dengan 1 lt air bisa merendam 5-6 kg pakan. Rendam pakan 2-3 menit yang penting nutrisi TOP G2 sudah meresap ke pakan jangan terlalu benyek lakukan pagi dan sore. Kalau nutrisi terserap ikan akan sehat nafsu makan bertambah dan akan cepat panennya.dan rasa ikan pun akan lebih enak dan gurih

Kalau buah hanya disiram jadi tidak ada rasanya apakah dikasih G2 bisa muncul rasanya?
TOP G2 membantu mengembalikan warna, rasa dan aroma sesuai dengan varitas tamanan, dapat tetap bantu dengan pupuk NPK nya.

Kalau untuk tanaman umbi-umbian yang buahnya di dalam tanah, gimana cara menggunakannya?
Untuk umbi-umbian seperti jahe 1Ha tanaman jahe/ 1 musim : Pertama-larutkan 2-3 lt ( 4-6 botol ) TOP G2 dengan 200-300 lt air semprotkan / dikocorkan di bedengan 1minggu sebelum tanam.Ke-2 larutkan 2-3 lt TOP G2 dengan 200-300 lt air kocorkan di tanah sekitar per akaran 10 -15hari setelah tanam.Ke-3 larutkan 2-3 lt TOP G2 dengan 200-300lt air kocorkan / disemprotkan ke tanah sekitar perakaran 20-25 hari setelah tanam.Ke-4 larutkan 2-3 lt TOP G2 dengan 200-300 lt air,semprotkan /kocorkan ke tanah sekitar perakaran 30 -35hari setelah tanam,pupuk kimia seperti NPK masih dipakai seperti dosis yang bisanya,TOP G2 jangan dicampur langsung dengan pupuk kimia, kasih jeda 2-3 hari .pada musim tanam ke-2 pupuk kimia boleh dikurangi mulai 10%,musim ke-3 kurangi 20% tergantung kondisi tanah yang mulai mengalami perbaikan kesuburannya

Kalau untuk udang dan ikan" gimana?
Untuk 1 Ha tambak/kolam dibutuhkan 8-12lt (16-24 botol)TOP G2;
1- bersihkan dasar kolam dari lumpur sisa panen, kalau perlu tanah di balik, tambal kolam yang bocor-bocor, untuk memperbaiki kesuburan dasar tambak larutkan 2-3 lt (4-6 botol) TOP G2 dengan 200-300 lt air, lalu semprotkan ke tanah dasar tambak secara merata tunggu 1 minggu.
ke-2 untuk kultur plankton: isi dasar tambak dengan air kira2 25-30 cm, larutkan 2-3lt (4-6 botol) TOP G2 dgn 200-00 lt air ratakan di permukaan air tunggu 1 minggu sampai air berubah semu hijau.
ke-3 isi kolam penuh seperti biasanya tunggu 2-3 hari agar air tercampur homogen,
ke-4 lakukan penebaran benih(usakan pakai benih yang sehat dan unggul) lakukan aklimatisasi untuk meminimalisir kematian benih.

- Tahap pemeliharaan; setiap pemberian pakan terlebih dahulu pakan direndam dengan larutkan TOP G2 untuk membantu pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi pakan jangan sampai terbuang ke dasar kolam yang mengakibatkan dasar kolam cepat kotor dan bau bahkan mengakibatkan timbulnya parasit yang menyebabkan penyakit pada ikan, larutkan TOP G2 1ttp btl dengan 2-3lt air, rendam pakan 2-3 menit yang penting nutrisi TOP G2 sudah meresap ke pakan jangan terlalu benyek lakukan pagi dan sore .kalau nutrisi terserap ikan akan sehat nafsu makan meningkat dan akan cepat besar/ panennya.dan rasa ikan pun akan lebih enak dan gurih.utk mempertahankan pasokan plankton larutkan TOP G2 1.5 lt (3 botol) dengan 150 lt air ratakan di permukaan tambak,lakukan 15-20 hari sekali

Kenapa untuk tanaman tahunan masih perlu bantuan pupuk kimia lagi?
karena unsur hara makro primer NPK yang paling banyak dibutuhkan tanaman belum bisa disediakan secara orgaik maka tetap pakai kimia agar bisa tersedia untuk tumbuh kembang tananam, dan tetap di lengkapi juga dengan unsur hara mikro yang bisa tersedia dalam bentuk organik dan untuk menjaga tanah tetap gembur dan cerul

Kalau untuk hewan gimana?
Untuk membantu memaksimalkan percernaan ternak dan membantu penyerapan nutrisi pakan,dan mencegah protein bay pass,kalau nutrisi terserap dengan baik maka terbuang benar2 ampas,maka kotoran pun jauh tidak bau,ternak sehat, nafsu makannya meningkat, ternak lebih cepat besar. Larutkan 1 tutup botol TOP G2 dengan 2-3 lt air, lalu dicampur di makanan ternak baik di konsentrat.dedak maupun komborannya,atau diminumannya lakukan 2 kali sehari selama 7-10 hari pertama.seterusnya lakukan 1 kali sehari pada sore hari

Top G2 apa bisa buat tanaman yang daunnya kriting?
daun keriting basanya kerena kena serangan jamur fusarium, sebaiknya semprot dulu dengan obat jamur setelah tunggu 2-3 hari siram dengan nutrisi TOP G2 untuk membantu cepat pemulihannya

Untuk tanaman bunga bagaimana?
larutkan TOP G2 dengan 2 liter air lalu siram/ semprotkan ke tanah sekitar perakaran 200-300 ml per pohon, lakukan 10 - 15 hari sekali

Untuk tanaman singkong dengan lahan 1 hektar perlu berapa botol? Dan pada usia tanaman berapa bulan sebaiknya diberikan top G2?
Untuk 1 ha ubi kayu: butuh 8-12 lt (16-24 botol TOP G2) ,
Larutkan 2-3 lt (4-6 botol TOP G2) dengan 200-300 lt air lalu kocorkan atau siramkan ke tanah sekitar perakaran, lakukan 1bln setelah tanam, 2 bulan setelah tanam,4 bulan sereh tanam dan 6 bln setelah tanam,pupuk kimia (NPK) masih seperti dosis biasanya.musim ke-2 pupuk kimia bisa dikurangi mulai dari 10%

Jika ada 1 ha tanaman sawit dibutuhkan berapa botol pupuk top g2 nya?
untuk kelapa sawit 1 batang 4 tutup botol, sedang 1 ha sekitar 135 batang =540 tutup. 1 botol 50 tutup=10,8 botol atau 11 botol (5,5 lt ) per sekali aplikasi

Untuk kebun karet apa sama dengan kebun sawit cara penggunaannya?
untuk tanamanan tahunan, perkebunan, buah-buahan seperti sawit, karet , jambu, durian, coklat dan lainnya hampir sama

Jarak pakai TopG2 dengan pupuk urea untuk padi gimana?
TOP G2 jangan dicampur lansung dengan pupuk kimia dikasih jeda 2-3 har

Cara nyiram pupuk top G2 ke tanaman padi atau tanaman lainnya juga, tapi kalau tanaman sudah berumur setengah bulan/1bulan siram top g2 brp x sampai ke panen, dan jarak berapa lama dari nyiramnya?
untuk padi masih bisa dipupuk sampai usia 45 hari, di kasih setiap 10 hari sekali, pupuk kimia masih seperti biasanya di kasih jeda 2-3 hari untuk padi TOP G2 3-4 kali aplikasi

Setelah disemprot daun-daunnya gosong kayak kebakar, apa karena pengaruh TOPG2?
untuk TOP G2 sebenarnya kena daun gpp bu, kemungkinan saat menyemprot pada saat sinar matahari lagi terik, jadi daun dalam posisi panas di siram dia akan layu, jangankan pakau TOPG2 pakai air biasa aja akan layu, jadi saran kita waktu pemupukan di bawah jam 10 pagi atau sore di atas jam 14 setelag sinar matahri mulai redup dan sebaiknya aplikasi TOP G2 ketanah sekitar per akaran bukan ke batang atau ke daun, karena TOP G2 sekaligus untuk membantu menggemburkan dan menyuburkan tanahna bu, jadi tengan TOP G2 kita memlihara tanah dan tananam, bukan seperti selama ini petani hanya memelihara tanaman dengan KIMIA2 kalau kebanyak tanaman gosong, kalau kurang dosis gak bermanfaat, kalau tanah subur , gembur dan cukup makanannya apa pun yang kita tanam akan tumbuh subur dengan baik .

Kalau hama padi, semprot TopG2 bisa hilang ngak min hama nya ?
TOP G2 tidak mengandung racun sehingga tidak bisa sebagai penggulangan hama dan penyakit. Hama dan penyaki punya produk dan metode tersendri juga

Saat kita mulai proses pemupukan di awal itu baik nya dilakukan saat musim penghujan atau musim kemarau? Apakah kondisi cuaca juga ada mempengaruhi hasil nya?
untuk pemupukan pakai pupuk kimia biasanya di awal penghujan dan di akhir musim penghujan agar air tanah membantu penguraian pupuk dalam tanah, kalau tidak ada air maka pupuk kimia akan menarik air dari tanaman supaya terurai maka tanaman kita sebut gosong dan layu. beda dengan TOP G2 karena TOP G2 berbentuk konsentrat masih harus di cairkan jadi kita bisa memupuk walaupun di musim kemarau panjang, kita memupuk sambil menyiram tanaman agar tanaman tidak layu lalu mati kekeringan

Kalau Top G2 untuk ternak ukuran takarannya sama kaya tanaman kah?
Untuk membantu memaksimalkan pencernaan ternak seperti sapi,kambing, ayam dan membantu penyerapan nutrisi pakannya,dan mencegah protein bypass,kalau nutrisi terserap dengan baik yang terbuang benar2 ampas,maka kotoran pun jauh tidak bau,ternak sehat,nafsu makannya meningkat,ternak lebih cepat besar, larutkan 1tutup botol TOP G2 dengan 2-3 lt air, lalu dicampur ke konsentrat,detak atau komborannya (untuk sapi,kambing ) (di campurkan diminumannya untuk ayam potong ), lakukan 2 kali sehari selama 7-10 hari pertama.seterusnya lakukan 1kali sehari pada sore hari, untuk ayam potong kalau sedang di vaksin stop dulu TOP G2 nya kasih jeda 2-3 hari

Untuk tanaman strawberi bagaimana ?
larutkan 1 tutup botol TOP G2 dengan 2 lt air lalu kokorkan 300-500 ml per poly bag tergantung besar/ kecilnya poly bag, lakukan 10-15 hari sekali, pupuk kimia seperti NPK masih di kasih sesuai dosis, TOP G2 jangan di campur lansung dengan kimia di kasih jeda 2-3 hari

Saya punya tanaman kelengkeng, mulai tanam sampai 3 thn an ini belum berbuah, tapi pohonnya tumbuh besar & daunnya lebat, kalau pakai top g2 bisa berbuah tidak?
Untuk tanaman tahunan, buah-buahan seperti lengkeng, karena tanah di bawahnya kebanyakan keras sebaiknya digemburkan terlebih dahulu atau bikin lobang di kiri, kanan, muka dan belakang ( 4 mata penjuru angin) 1m dari batang, yang penting tanahnya dilukai supaya pupuk TOP G2 langsung merembes ke perakaran, tidak menyebar kemana2, larutkan TOP G2 1 tutup botol dengan 1 lt air,lalu dikocorkan ke lobang 1lt perlobang (4 tutup botol dengan 4 lt air / batang), lakukan 2kali sebulan selama 3 bulan pertama,dan 1kali sebulan selama 3 bulan ,dan kedepannya 3-4 sekitar tahun,pupuk kimia( NPK )masih dipakai seperti dosis yg biasanya, tahun ke 2 baru bisa pupuk kimia dikurangi secara bertahap mulai dari 10 %, THN ke-3 , 20 %tergantung kondisi tanahnya,TOP G 2 jangan dicampurkan langsung dgn pupuk kimia,di kasih jeda 2-3 hari bisa terbantu bu.

Untuk pemeliharaan kambing/domba bisa ngga?
Bagaimana caranya?
Untuk membantu memaksimalkan pencernaan ternak seperti sapi,kambing, ayam dan membantu penyerapan nutrisi pakannya,dan mencegah protein bay pass,kalau nutrisi terserap dengan baik yang terbuang benar2 ampas,maka kotoran pun jauh tidak bau,ternak sehat,nafsu makannya meningkat,ternak lebih cepat besar, larutkan 1tutup botol TOP G2 dengan 2-3 lt air, lalu dicampur ke konsentrat,detak atau komborannya (untuk sapi,kambing )(di campurkan di minuman nya untuk ayam potong ), lakukan 2 kali sehari selama 7-10 hari pertama.seterusnya lakukan 1kali sehari pada sore hari, untuk ayam potong kalau sedang di vaksin stop dulu TOP G2 nya kasih jeda 2-3 hari

sebenarnya panduanya 1 tutup untuk 2 liter atau 1 tutup untuk 20 liter?
1 tutup botol TOP G2 di campur dengan 2 liter air untuk sejenis palawija, untuk tanaman tahunan/ perkebunan, buah-buahan 1 tutup botol dengan 1 liter air

Untuk ternak ayam Bagaimana cara penggunaannya?
Untuk membantu memaksimalkan pencernaan ternak sepeti sapi,kambing, ayam dan membantu penyerapan nutrisi pakannya,dan mencegah protein bay pass,kalau nutrisi terserap dengan baik yang terbuang benar2 ampas,maka kotoran pun jauh tidak bau,ternak sehat,nafsu makannya meningkat,ternak lebih cepat besar, larutkan 1 tutup botol TOP G2 dengan 2-3 lt air, lalu dicampur ke konsentrat,detak atau komborannya (untuk sapi,kambing )(di campurkan di minuman nya untuk ayam potong ), lakukan 2 kali sehari selama 7-10 hari pertama.seterusnya lakukan 1 kali sehari pada sore hari, untuk ayam potong kalau sedang di vaksin stop dulu TOP G2 nya kasih jeda 2-3 hari

buat pohon jambu air yg stek tempel udah besar tapi Gk mw berbuah itu kasih TOP G2 nya seberapa ya? Trus hasilnya biasa nya terlihat berapa lama?
untuk tanaman stek karena perakaran masih di kerita batang larutkan 1 tutup botol TOP G2 dengan 1 lt air lalu kocorkan di tanah sekitar perakaran lakukan 2kali sebulan selam 3 bulan pertama, 1 kali sebulan selama 3 bulan ke 2 dan seterusnya 3-4 kali setahun, pupuk kimia seperti NPK masih tetap di kasih, biasanya 3 bulan sudah mulai kelihatan perubahan pada pertumbuhan pucuknya